Rabu, 15 Oktober 2008

Pengenalan Google Earth

Google Earth adalah sebuah program yang menampilkan peta digital yang dikeluarkan oleh Google Corp. Dengan program ini kita bisa menjelajah dan mencari tempat-tempat yang sudah ataupun belum pernah kita datangi diseluruh dunia, lengkap dengan beberapa foto, gambar bahkan video. Dengan hanya mengklik ikon-ikon yang terdapat pada lokasi tersebut, selanjutnya akan muncul informasi segala tentang lokasi itu.

Dengan dilengkapi tombol navigasi yang cukup mudah dioperasikan oleh kita, walaupun kita baru pertama kali menjalankan program ini sehingga penggunaan Google Earth akan semakin menyenangkan, karena kita bisa melihat suatu lokasi dari berbagai arah. Terdapat tiga macam navigasi pada layar Google Earth, yang terletak pada pojok kanan atas, yaitu tombol untuk memutar peta, tombol untuk berpindah kelokasi lain dan tombol zoom untuk melihat lebih jelas suatu lokasi. Namun sayangnya, zoom yang dapat kita lakukan untuk sebagian besar lokasi yang ada maksimal 1000meter dari permukaan tanah, selebihnya apabila kita memaksa melakukan zooming, maka gambar akan pecah-pecah. Untuk wilayah Indonesia sendiri, baru beberapa kota-kota besar yang memiliki gambar yang lebih jelas sedangkan kota-kota lain masih memiliki gambar yang resolusinya kurang maksimal dari keadaan yang sebenarnya.

Untuk bisa menggunakan program ini, anda harus mendowload installernya di http://earth.google.com/download-earth.html, dan pilih yang standar saja, kecuali jika anda mau bayar, maka bisa pilih Google Earth Pro. Namun jangan harap dengan menggunakan yang Pro kita mendapatkan gambar yang lebih up to date, karena hasil gambar yang didapat sama saja dengan yang standar, hanya terdapat perbedaan fasilitas pada program Google Earth-nya saja, misalnya seperti penambahan adanya GPS (Global Positioning System), dan bisa membuat video dari tampilan yang muncul di Google Earth Pro.

Ada beberapa hal baru yang terus ditambahkan oleh Google pada software yang satu ini, belakangan peta digital yang dimunculkan bisa menampilkan jalan beserta nama-namanya, yang tentunya hanya jalan-jalan dikota besar saja yang akan muncul. Tetapi jangan lupa untuk mengaktifkan terlebih dahulu Option untuk menampilkan jalan dan nama-namanya di sidebar Google Earth.

(source: http://hoeda.web.id/2008/06/01/install-google-earth/ dengan editing seperlunya)

Tidak ada komentar: